Wednesday, January 21, 2015

Ceramah Ustaz

Pic source: this

Salam. Beberapa hari yang lalu saya nongkrong sendirian di perpustakaan kampus dengan niat awal ingin menyicil skripsi, akan tetapi malah jadi keasyikan browsing youtube nggak karuan. Hehehe mari kambing hitamkan wifi kampus yang mendadak cepat ketika musim liburan. Dari presentasi TED Talks sampai Mario Teguh. Videoklip John Mayer sampai Cita Citata. Tutorial zumba sampai meditasi. Hingga akhirnya saya menemukan video ceramah Ustaz Yusuf Mansur yang ini. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa saya menulis Ustaz, bukan Ustad, atau Ustadz, atau Ustads (ng?). Sebenarnya saya juga awalnya bingung dan KBBI memang paling top deh buat masalah keraguan model begini.

Kembali ke ceramah, dengan viewers sekitar 200K saya turut dibuat merenung dengan video berdurasi hampir satu jam ini. Ustaz bercerita tentang 10 macam dosa besar yang sesungguhnya berpotensi besar menjadi penghalang rejeki manusia. Seperti ceramah-ceramah khasnya, beliau berkisah tentang beberapa orang yang pernah curhat kepadanya--tentunya tanpa disebutkan siapa, hanya bercerita tentang kisahnya. Orang-orang tersebut mengeluhkan nasib mereka yang seringkali diterpa cobaan silih berganti, tertimpa musibah berat, berdoa siang malam namun doanya tidak kunjung terjawab, selalu merasa kurang bahagia, kurang ini, kurang itu, atau lainnya.

Hal pertama yang ditanyakan oleh Ustaz setiap kali sebelum menanggapi masalah tersebut adalah: apakah mereka (bahkan terbiasa) melakukan salah satu (atau salah dua, salah tiga, dst) dosa besar di bawah ini. Apabila iya, beliau meminta orang-orang tersebut untuk mengubah sikap mereka terlebih dahulu dan melakukan taubatan nasuha alias tobat yang sungguh-sungguh. Yang mana apabila tidak melakukan 10 dosa besar tersebut, baru orang-orang tadi diberi solusi lainnya seperti diminta untuk: berdoa lebih sering, bersedekah lebih banyak, berusaha lebih giat, bersabar karena mungkin sedang dihapus dosanya oleh Allah, dan lainnya.

10 dosa besar penghalang rejeki versi Ustaz Yusuf Mansur, antara lain:
  1. Syirik (menyekutukan Allah)
  2. Meninggalkan shalat wajib
  3. Durhaka terhadap orang tua
  4. Zina
  5. Rezeki yang haram
  6. Mabuk (minuman keras)
  7. Memutuskan silaturahmi
  8. Bersaksi palsu (misal: menuduh orang melakukan suatu aib padahal tidak)
  9. Kikir atau pelit
  10. Ghibah (bergunjing)
Saya tidak berniat menghakimi atau menggurui siapapun. Salah satu alasan saya menulis post ini juga sebagai reminder untuk diri sendiri, mengingat blog tanpa benang merah ini sudah saya anggap sebagai jurnal pribadi. Tapi semoga bermanfaat dan kelak jangan sampai ada kebiasaan buruk berbuah dosa besar yang tanpa kita sadari sudah menghambat rezeki kita ya, Akhi dan Ukhti, hihi. Kalau kata pepatah sih, introspeksi jauh lebih baik daripada terus menyalahkan keadaan dan orang lain. Yay, semangat perbaikan! :)

3 comments:

  1. Videonya dipampang dong, Git. Paling nggak dipasang lah link-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sudah ada ternyata, maaf nggak ngeh. Artikel yang bagus. Lanjutkan!

      Delete
    2. Sudah, Mas. Haha sorry ga kelihatan soalnya nyempil.
      Siap! Terima kasiiih :D

      Delete